Thursday 1 September 2016

catatan perjalanan : Gunung Merbabu 3142 mdpl via Selo Baru / Hill top Gancik

pada tanggal 27 juli 2016 saya dan salah satu rekan saya , johan hendak menyelesaikan perjalanan ke merbabu yang sempat tak mencapai puncak pada tahun kemarin , hanya puas hingga pos 3 saja , dan yang kedua kalinya ini kami ingin menyelesaikannya hingga puncak kenteng songo.
berangkat dari semarang sekitar jam 10 dan tiba di dusun selo sekitar jam 12 menggunakan sepeda motor dari semarang .
pada saat ingin menuju basecamp kami di cegat oleh segerombolan orang , dan ditawari untuk memilih jalur selo lama , atau baru , katanya yang baru ini baru dibuka setelah lebaran dan merupakan jalur evakuasi  jadi lebih hemat waktu 2 jam katanya :') dan ada bonus di hill top gancik
akhirnya kami memilih untuk melewatu jalur seo baru ini , karena juga melihat pendaki sebelum kami memilih untuk jalur ini , sekaligus untuk menikmati jalur yang baru .
dan dikenai biaya sebesar 10ribu untuk tiket masuk.
samapai di basecamp ternyata tidak ramai seperti biasanya , masih sepi sekali seperti rumah warga biasa namun ada beberapa motor yang diparkir di depan rumah , dan juga belum ada tempat penjualan souvenir , tidak seperti basecamp di selo yang ramai sekali dan banyak para pedagang.
setelah berganti pakaian dan merapikan isi tas kerir kami langsung berangkat mendaki kaki merbabu melewati gancik , ternyata di perjalana sempat ditawari ojek hingga menuju pos 1 , dari basecamp hingga hill top gancik melewati jalan setapak yang cukup menanjak dan di kanan kiri banyak ditamai tembakau dan sawi hijau , dan kami membutuhkan waktu 1 jam , cukup lama karena banyak berhenti hehehe , dinikmati bukan ?
disitu kami istirahat sejenak skitar 10 menit , lalu kembali melanjutkan perjalanan menuju pos 1 , sepanjang perjalanan tak sedikit berjumpa pendaki yang memakai jasa ojek tarif ojek dari basecamp hingga pos 1 dikenakan biaya 40ribu , dan dalam perjalan kami juga hanya bertemu 1- 3 rombongan yang hendak turun . perjalanan menuju pos 1 cukup landai melewati hutan pinus dan kami tiba pukul 16.30 , 1 jam dari gancik . di pos 1 kami ber istirahat cukup lama karena bertemu rombongan yang mengajak untuk barengan , dan sempat bertemu juga dengan rombongan para bule dari rusia .karena suhu udara yang mulai dingin dan sadar kalau saya itu harus berhenti - berhenti , kami memutuskan untuk berpisah dan melanjutkan perjalan berdua hingga pos 2 . perjalan dari pos 1 ke pos 2 menanjak namun disuguhi pemandangan gunung merapi yang ter lihat mengkilat2 di bagian puncaknya .awalnya kami memutuskan untuk camp di pos 2 tapi karena gelap dan tak ada seorang pun kami memutuskan untuk camp di pos 3 . kira2 memakan waktu 2 jam dari pos 1 ke 2 . lebih ekstreme lagi ternyata jalur ini tak ada bonus , terus menanjak hingga kami melewati bukit teletubis yang anginnya sangat kencang karena tak ada pepohonan disana , hinga akhirnya kami tiba di pos 3 dengan 2 jam perjalanan  , jadi jika ditotal kami memakan waktu 5 jam perjalan dari basecamp ke pos 3 . sampai pos 3 kami disambut oleh dinginya angin malam . dan kami pun mendirikan tenda lantas langsung tidur tanpa acara masak2 karena sudah terlalu lelah dan kedinginan .
pada dini hari sempat dilanda hujan tidak sempat melihat jam berapa , dan pada pukul 5 saya kebelet pipis yang tak tertahankan hingga saya membuka tenda saya malah bocor hehehehe
untuk saya membawa celana ganti....
hingga sunrise datang pukul 6 saya masih terjaga dan diluar menyaksikan sunrise tanpa foto2 hahha
dan akhirnya rekan saya johan bangun pukul 7 dan makan dan memasaklah kami , kami memasak mie instan kopi dan mendoan alias tempe kemul hhehe .